Perbedaan Septic Tank Bio Dengan Septic Tank Konvensional

Kemajuan teknologi memberikan dampak positif pada perubahan suatu hal yang bersifat konvensional menjadi modern. Hal ini rupanya berpengaruh pada perkembangan penggunaan septic tank yang sering kali diperbincangkan ketika seseorang sedang merencanakan untuk membangun suatu hunian. Dewasa ini, ada dua jenis septic tank yang beredar di pasaran yaitu septic tank konvensional dan septic tank bio yang keduanya berfungsi untuk mengolah limbah rumah tangga sehingga pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah rumah tangga bisa diminimalisir dengan baik.

Namun demikian, dari dua jenis septic tank tersebut, nampaknya Bio Septic tank menjadi primadona di kalangan masyarakat dan mulai meninggalkan septic tank konvensional. Lantas, apa yang menjadi titik perbedaan di antara keduanya? Berikut ulasan singkatnya

1. Sisi cara kerjanya

perbedaan antara septic tank konvensional dan bio bisa dilihat dari cara kerjanya. Pada septic tank konvensional, limbah rumah tangga akan mengendap selama beberapa waktu lamanya.
Hal yang demikian ini tentunya akan meresap ke dalam tanah dan menyebabkan terjadinya suatu pencemaran terhadap air tanah yang sering kali dibutuhkan untuk keperluan rumah tangga. Berbeda dengan septic tank bio yang nantinya limbah tidak mendapat peluang untuk meresap ke dalam tanah.
Hal ini disebabkan limbah akan difilter dan diproses oleh bakteri pengurai dari media disinfektan sehingga limbah yang keluar tidak akan berbau seperti limbah pada umumnya dan pastinya juga ramah lingkungan

2. Material pembuatannya

Perihal lain yang membedakan antara septic tank bio dan septic tank konvensional adalah bahan pembuatannya. Disebutkan bahwa untuk septic tank konvensional, Anda nantinya akan membutuhkan banyak uang sebab untuk mencegah pencemaran Anda akan melakukan pengecoran.
Berbeda dengan septic tank jenis bio yang hanya terbuat dari bahan HDPE serta fiberglass, sehingga untuk harganyapun juga sangatlah murah

3. Instalasi septic tank

perbedaan septic tank bio dan konvensional
perbedaan septic tank bio dan konvensional

Dalam pemasangan septic tank ternyata juga menjadi tolak ukur perbedaan di antara keduanya. Dengan kata lain, untuk septic tank konvensional, Anda nantinya akan memerlukan waktu yang lama karena membutuhkan galian lubang yang dalam serta proses pengecoran juga sangat rumit. Berbeda dengan septic tank bio yang hanya membutuhkan galian lubang sedalam septic tank yang kemudian dengan memasang pipa instalasi. Setelah itu, septic tank bisa difungsikan sebagaimana mestinya.

Baca juga: Cara Instalasi Bio septic tank

Selain beberapa perbedaan di atas, hal lain yang membedakan di antara septic tank konvensional dengan septic tank bio terletak pada tindakan perawatan hingga masa pakai keduanya. Dengan kata lain, Anda bisa memperhatikan bahwasannya untuk perawatan septic tank konvensional sangatlah rumit dan yang demikian ini berbeda dengan septic tank jenis bio di mana tidak memerlukan perawatan khusus.

Selain itu, disebutkan bahwa septic tank bio cenderung lebih tahan lama hingga 20 tahun lebih dibandingkan dengan septic tank konvensional yang mampu bertahan hanya 10-15 tahun saja.

Bagaimana, apakah Anda masih tertarik menggunakan septic tank konvensional?

Berikut Model Bio Septic Tank Ramah Lingkungan:

BT SERIES BUTTON

RC SERIES BUTTON

TOILET BUTTON

 

Contact PersonWhatsApp Kami Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *