Master Septic Tank Indonesia mempunyai visi melalui produk kami bisa menjadi solusi terbaik masalah percemaran limbah domestik yang ramah lingkungan, dengan dukungan system Biotechnology proses buangan air limbah menjadi aman dan ramah lingkungan, serta memenuhi standar baku mutu limbah domestik.

septictank ramah lingkungan
septictank ramah lingkungan

Kebutuhan septic tank merupakan hal dasar yang harus dimiliki oleh setiap rumah tangga, sebab kegiatan pembuangan adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari setiap harinya. Tidak mengherankan jika di saat seseorang membangun sebuah hunian maka hal pertama yang anak difikirkan adalah di mana orang tersebut akan memposisikan septic tank. Setelah itu, barulah Anda harus memikirkan bagaimana Anda bisa membuat septic tank ramah lingkungan, sehingga limbah pembuangan tidak akan mencemari lingkungan sekitar.

Lantas bagaimana cara untuk memujudkan hunian yang ramah lingkungan? Untuk mewujudkan hal itu, berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan.

  1. Pertimbangkan ukuran dan jumlah pihak yang menggunakannya

Dalam membuat septic tank ramah lingkungan, Anda harus memperhatikan jumlah anggota keluarga yang nantinya dimungkinkan akan menggunakan septic tank tersebut. Hal ini sangat berpengaruh pada ukuran yang akan dibuat.
Semakin banyak anggota keluarga, maka semakin besar pula ukuran septic tank tersebut. Pastikan dalam membuat septic tank, Anda juga harus memperhatikan ketersediaan lahan dan posisinya sehingga septic tank tersebut akan mudah untuk dilakukan pengurasan. Selain itu, dalam pembuatan septic tank ramah lingkungan, akan lebih baik pula jika Anda menempatkan filter sehingga air yang keluar dari septic tank akan diolah terlebih dahulu.

  1. Perhatikan saat membangun bidang resapan

Pada septic tank ramah lingkungan bidang resapan atau yang dikenal dengan sebutan filter memegang peranan penting atas sirkulasi limbah yang masuk ke dalamnya. Dalam pembuatannya, hal yang perlu dipertimbangkan adalah dengan menyesuaikan konstruksi serta jenis tanah dan tidak ketinggalan pula ketinggian dari permukaan air tanah.
Sangat dianjurkan Anda membangun bidang resapan untuk memastikan jarak antara filter dengan sumber air bersih sepanjang 10 meter sehingga septic tank tidak akan mencemari sumber air tersebut.

  1. Jangan lupa untuk mempersiapkan bak control

Kaitannya dengan menciptakan septic tank ramah lingkungan, Anda juga harus membuat bak control. Bak ini nantinya akan difungsikan sebagai tempat untuk melakukan pengecekan atas aliran air kotor yang masuk ke dalam septic tank sehingga ketika ada kemacetan aliran air bisa diatasi dengan mudah.
Biasanya, bak control ini dibuat dari bahan beton yang dicor dengan pegangan yang dibuat dari besi. Dalam pembuatannya, pastikan memposisikan bak control lebih rendah dibandingkan dengan saluran air kotor, sehingga kotoran yang masuk akan tertahan di dasar bak.

Dalam membuat septic tank ramah lingkungan, ada beberapa hal yang memang perlu diperhatikan. Beberapa diantaranya adalah jarak resapan dengan sumber air bersih, ketersediaan lahan hingga pembuatan bak control yang akan membantu Anda memeriksa kelancaran air limbah.

4. Menggunakan Septic Tank berjenis Bio Septic tankĀ 

Memastikan pembuatan septic tank ramah lingkungan sangatlah penting mengingat adanya peluang pencemaran air bersih sangatlah mungkin terjadi jika Anda mengabaikan beberapa hal di atas. Jika hal diatas dilakukan dengan baik, pembersihan bisa Anda lakukan dengan mudah melalui tindakan pengerukan endapan pada bak control yang nantinya akan menjadikan aliran limbah tetap lancar.

Berikut Model Bio Septic Tank Biotech Ramah Lingkungan:

BT SERIES BUTTON

RC SERIES BUTTON

TOILET BUTTON

 

Contact PersonWhatsApp Kami Sekarang